/dev: Menempa Melodi

Musik baru, senandung, dan BTS pembuatan musik Ornn

Talondor di sini. Saya adalah komposer League of Legends dan Dungeon Master dari tim Riot Music! Hari ini kami ingin bicara dengan kalian tentang kepentingan musik bagi kami semua dan melodi dari musik League.

Tidak semua Champion, skin, atau event memerlukan melodi yang bisa dinyanyikan—terkadang lebih baik fokus pada sesuatu yang secara ritme kuat, warna nadanya agresif, atau memiliki harmoni yang kaya, jika sesuatu harus memicu rasa takut atau kegelisahan, maka mengarahkan ide musik yang terasa tidak familiar adalah pilihan terbaik. Tapi, seringkali memakai musik yang dikenali dengan mudah dan bisa dinyanyikan adalah pilihan terbaik untuk mewakili sesuatu, terutama jika tujuannya untuk membantu merasakan sesuatu yang dirasakan manusia. Memang agak aneh, tapi jika Anda bisa membayangkan Champion memyanyikan tema lagunya dan Anda bisa menyanyikannya bersama, hal itu secara tidak langsung menghubungkan Anda dengan Champion itu.

 

Kali ini kami ingin menyorot hal yang kami yakini adalah empat melodi yang bukan hanya paling lirikal tapi juga sangat unik bagi League: tema untuk Champion Taric, Taliyah, Ornn, dan Irelia. Sebelum membahas lembaran musiknya (dan video spesial Behind the Scene!), mari bicarakan hal-hal yang kami pertimbangkan ketika menggubah melodi lirikal. 

 

PEMBUATAN MELODI

Ketika mendengarkan lagu tema Taric, Taliyah, Ornn, atau Irelia, mungkin Anda bisa menyanyikan (atau bersenandung!). Tapi meski semua lagu itu bisa dinyanyikan, setiap suaranya terdengar cukup berbeda, kan—kanapa ya? 

Salah satu alasannya adalah setiap kepribadian Champion sangat berbeda, dan Region tempat mereka tinggal di Runeterra juga berbeda-beda. Suara Bilgewater memiliki ciri yang khusus, begitu pula Champion dari Freljord, Shadow Isles, dan lain-lainnya. Akan tetapi, perbedaan tersebut bervariasi.

Di beberapa situasi, mungkin cocok saja menggunakan warna instrumen tertentu yang terasa sesuai dengan suatu tempat di Runeterra, tapi kemudian melodi itu memunculkan sesautu uang sangat berbeda dari emosi yang erat kaitannya dengan Region tersebut. Contohnya, musik Kayn memiliki momen di mana terdapat warna instrumen yang memunculkan pengaruh Ionia, tapi pesan yang diwakilinya dipersembahkan dengan cara yang mengerikan dan mengancam, meski warna itu mewakili Kayn dengan baik, tapi berlawanan dengan idelaisme seperti keharmonisan dan keseimbangan dari Ionia.

Alasan lain kenapa melodi lirikal ini bisa terdengar berbeda karena setiap musiknya disusun oleh orang-orang berbeda di tim musik. Hal itu mempengaruhi melodi karena setiap kecenderungan artistik individual kami mempengaruhi musik yang kami tulis. Contohnya, ShreddyMercury (bukan nama asli) sangat handal dengan gitar tapi Chemicalseb jauh lebih handal di piano tentunya akan sangat mempengaruhi intuisi musikal mereka dan menunjukkan cara pendekatan mereka pada sebuah melodi. Untuk memastikan kami menciptakan musik terbaik untuk sebuah Champion (atau Skin, atau Event), kami berbagi ide dan masukan untuk musik itu di sepanjang prosesnya. Hal itu bukan hanya untuk mengumpulkan ide baru, tapi membantu menyertakan ide, mana yang tidak masuk, dan apa kesan yang dihasilkannya pada orang lain. 

 

MUSIK UNTUK SANG MOUNTAINSMITH

Meski kami lebih sering menyusun musik dengan instrumen (seperti gitar atau piano), ada cara lain yang mungkin paling sederhana tapi efektif daripada cara lainnya: menggunakan suara Anda. Itu instrumen yang kita semua miliki dan bisa digunakan (mungkin kalian akan melakukannya saat selesai membaca artikel ini!). Ketika menyanyikan lagu dengan suara Anda, Anda bisa langsung menentukan apakah melodinya bukan hanya bisa dinyanyikan vokalis lagu tersebut, tapi juga bisa dinyanyikan orang lain, yang semoga saja bisa menjadikannya lebih Memorable. 

 

Akan tetapi, Anda tidak selalu harus bernyanyi keras untuk membaut melodi lirikal. Terkadang yang dibutuhkan hanya senandung. Contohny Ornn, senandungnya adalah percikan yang menyalakan Api di Bawah Gunung, dan di video di bawah ini, Anda bisa melihat kami saat menempa lagu yang sesuai untuk dewa Freljord!

Kami harap Anda senang menjelajahi musik Ornn dan melodi di bawah ini. Kami beritahu langsung saja, di dalamnya mungkin akan ada kesalahan, atau ide yang diganti karena mereka adalah ide awal yang digunakan saat sesi rekaman. 

 

Untuk menonton video Behind the Scene pembuatan musik Ornn kunjungi link berikut ini.

 

 

The Path to Hearth-Home

 

 

Bagian dari pesona Ornn adalah dia selalu bergumam ketika menempa, tapi kemudian kami pikir, “Pasti keren jika gumaman itu berdasarkan sebauh lagu sungguhan?” Simak musik folk Ancient Freljordian, “The Path to Hearth-Home.” Semuanya dimulai dengan sebuah cerpen (belum dirilis) tentang gadis kecil yang ingin mencari Ornn, yang secara tidak langsung menginspirasi liriknya. Liriknya bukan hanya menceritakan kisah tentang berbagai tempat di Freljord, tapi memberi petunjuk tentang cara menemukan si Mountainsmith yang telah lama hilang. Jadi, ketika Ornn bersenandung di dalam game ktike menempa, sebenarnya dia menyanyikan sebagian melodi lagu folk Ancient Freljordian yang ditulis tentang cara menemukannya di Hearth-Home. Simak video “The Music of Ornn” di atas jika ingin mengetahui lebih lanjut!

 

—Talondor

 

Kunjungi musik The Patch to Hearth Home di sini:

https://soundcloud.com/leagueoflegends/the-path-to-hearth-home

 

 

The Fire Beneath the Mountain

 

 

Disebutkan di video “The Music of Ornn” di atas, salah satu alasan kami mengubah lirik “The Path to Hearth-Home” menjadi Ancient Freljordian yaitu agar mudah diakses di seluruh region. Akan tetapi, kami juga menyadari lagu itu tidak sesuai dengan intensitas Splash Art Orrn, bahkan jika sesuai dengan “kelembutan” di dalam dirinya.  Maka kami mengambil melodi lagu folk untuk menciptakan aransemen yang lebih sesuai dengan Splash-nya. Akan tetapi, kami berharap pemain bisa menikmati seluruh musik Ornn—mulai dari suara pukulan anvil,lagu folk Ancient Freljordian, hingga senandungnya di dalam Game ketika menempa salah satu buatan Masterpiece-nya.

 

—Talondor

 

Kunjungi musik The Fire Beneath the Mountain di sini:

https://soundcloud.com/leagueoflegends/ornn-the-fire-beneath-the-mountain-login-theme

 

 

Irelia, the Blade Dancer

 

 

Sebagai Irelia Main selama beberapa tahun ini, saya begitu bersemangat ketika bisa mengerjakan musik untuk Rework-nya. Dapat saya katakan bahwa konsep seni gerakan “blade dancer” merupakan dasar Irelia yang menjadi fokus pada VGU-nya. Keanggunan dan keluwesannya membutuhkan bagian besar pada musiknya dari apa yang telah saya rancang dari champion sebelumnya. Saya membutuhkan instrumen yang dapat mengekspresikan hal ini, namun itu dapat membuatnya sangat lincah dan agresif, jadi saya mempersiapkan satu kuartet atau kelompok musik gesek. Akan menjadi tidak beralasan jika berpikir bahwa sebuah kuartet musik memiliki suara yang cukup sederhana, tetapi pada dinamika jarak tertentu dapat menghasilkan suara yang luar biasa dari alat musik lainnya. 

 

Saya mengembangkan tulisan lalu mengatur bagiannya dalam dua kuartet, untuk direkam dengan dua cara, satu dengan melodi lirik dan yang lainnya dengan instrumen berkelanjutan pada baris nada ke 16. Melodi utamanya sangat simetris, dengan gerakan yang membangkitkan pada empat baris pertama, disamakan di empat baris kedua dengan garis yang secara irama identik namun dijalankan pada gerakan menurun. Mempunyai melodi utama yang terasa simbang dan “teratur” terasa cocok dengan Irelia dan Ionia, dan juga memberikanku banyak ruang untuk berkreasi disekitarnya dengan tulisan ritmik.

 

Bagian ritmik kuartet lainnya dimaksudkan untuk memiliki kualitas gerakan yang hampir terus-menerus, difasilitasi dengan memberikan pemain senar individu facilitated by giving individual string players baris nada cepat yang bergoyang diantara lainnya, disesuaikan agar masuk akal untuk dimainkan. Saya memikirkan kombinasi ini dari aliran melodi dan penggerak irama, terutama saat bagian tinggi atau melengking, terlihat cocok untuk menggambarkan Irelia sebagai “Blade Dancer”—seorang champian dengan gerakan yang luwes, indah dan sangat mematikan.

 

—Scherzo

 

Kunjungi musik Irelia, the Blade Dancer di sini:

https://soundcloud.com/leagueoflegends/irelia-the-blade-dancer

 

 

Taliyah, the Stoneweaver 

 

Awal mula ide tema instrumental Taliyah dibuat berdasarkan tekstur yang mewakili kesan kedamaian yang dirasakan Taliyah saat berkelana di lanskap Shurima yang luas. Maka kami menyertakan tepukan perkusi yang terdiri dari drum tangan, batu, dan kord yang terasa damai. Tekstur tersebut memang mewakili lanskapnya dengan baik, dengan cepat terbukti suara perempuan dapat menyalurkan kepribadiannya, motivasinya, dan perjalanan yang dijalaninya.

Kami memulai dengan contoh baris pertama menggunakan sampel vokal, tapi kami tahu tetap hatus merekam dengan suara penyanyi juga. Hal itu membantu kami mengetahui apakan arah vokal yang kami tuju sudah sesuai dengan seluruh musiknya, dan melihat Range yang sesuai untuk penyanyinya, dan mencari nada yang dapat menonjolkan bagian musik lainnya.

Setelah tes awal rekamannya kami terima, kami menyelesaikan komposisi lainnya dengan memotong rekaman awal dan mengaransemen, mengatur Pitch, dan memanipulasinya untuk menciptakan melodi keseluruhannya. Hal itu sangat penting karena memberi kami gambaran musik ini secara keseluruhan dari segi nada, daripaka harus mengecek ulang antara suara penyanyi dan sampel berulang-ulang kali. Teknik ini memang sulit, tapi dengan tidak adanya lirik membuatnya jauh lebih layak. Pada akhirnya, kami melakukan sesi rekaman akhir untuk bagian barunya, dan bagian itu ternyata mudah sekali untuk disertakan dengan bagian lainnya yang dibuat saat fase sebelumnya.

 

—Chemicalseb

 

Kunjungi musik Taliyah, the Stoneweaver di sini:

https://soundcloud.com/leagueoflegends/taliyah-the-stoneweaver

 

 

Taric, the Shield of Valoran

 

 

Tim Publishing dan Champion bekerja keras untuk menanamkan kesan superhero yang kuat pada Rework Taric. Mereka menyarankan arah musik yang membangkitkan kenangan masa kecil saat mendengarkan musik tahun 80an hingga 90an. Ide itu mengalir deras di dalam darahku, maka ketika kami memulai rekaman musik ini, aku sangat bersemangat saat menulisnya. 

Aku menulis musik Taric untuk ensemble live yang aku desain sendiri, di mana hal itu tidak terlalu mirip orkestra simfoni tradisional. Terdapat perbedaan dalam cara penulisannya. Kebanyakan musik League dibuat berdasarkan semacam kombinasi ensemble orkestra, tapi karena kami ingin tetap mengikuti pilihan musik kami, kami jadi jarang menulis orkestra tradisional.

Menurutku, menulis tema musik heroik selalu memiliki tantangannya tersendiri: Bagaimana memunculkan hal baru di dalam genre itu? Bagaimana caranya mengirimkan suara keras dan memberikan ritme yang kuat? Untuk Taric, melodi selalu prioritas utamaku. Dengan tema ini, aku ingin menyampaikan kekuatannya, kebanggaannya, dan… kedewasaan yang dia terima setelah mendaki Mount Targon.  

—Ed the Conqueror

 

Kunjungi musik Taric, Shield of Valoran di sini

https://soundcloud.com/leagueoflegends/taric-the-shield-of-valoran

 

 

Category: Berita Terkini
2 MONTH AGO