Tahm Kench

the River King

Kami sudah hampir siap mengeluarkan monster terbaru di League of Legends! Tahm Kench adalah seorang solo-laner atau Support Tank dengan selera makan yang… tidak terbatas. Sekali musuh berada di jangkauannya, jangan harap bisa melarikan diri dengan mudah – Dan jangan lupakan juga keuntungan yang bisa diraih oleh teman setim. Satu hal yang menarik, dia bisa menyimpan temannya di dalam perut, pergi ke suatu tempat dan melempar temannya ke arah musuh.

Ability

Passive: An Acquired Taste

Tahm Kench menumpuk Charge An Acquired Taste dari setiap Champion musuh yang dia serang menggunakan serangan biasa atau Ability. Setelah 3 tumpukan Charge terkumpul, dia bisa melakukan sesuatu hal yang… hebat sekali.

Q: Tongue Lash

Tahm Kench mengeluarkan lidahnya ke arah target. Tongue Lash akan berhenti setelah mengenai target, menghasilkan Damage dan memeprlambatnya. Jika Tahm Kench telah menumpuk Charge An Acquired Taste pada satu target, Tongue Lash akan menghasilkan Stun pada target tersebut.

W: Devour

Tahm Kench menelan unit target. Musuh akan menerima sekian persen dari Health maksimal sebagai Magic Damage. Dengan catatan:

  • Minions and monsters: Setelah Tahm Kench melakukan Devour pada Minion atau Monster, dia bisa mengaktifkan kembali Ability ini untuk melemparkan mereka kembali ke suatu target tempat. Mereka menghasilkan Damage pada siapapun yang mereka kenai.
  • Champion Teman: Ketika Tahm Tahm Kench melakukan Devour pada Champion teman, dia membuat mereka kebal dari Damage dan juga tambahan Movement Speed ke arah musuh. Baik Tahm Kench dan Champion teman bisa menentukan kapan waktu keluar yang baik.
  • Champion Musuh: Tahm Kench hanya bisa menelan Champion musuh jika telah mencapai tiga tumpukan Charge dari An Acquired Taste. Movement Speed Tahm akan berkurang drastis sementara Champion musuh hanya bisa melihat keadaan di sekitar Tahm.

E: Thick Skin

Pasif: Semua Damage yang Tahm Kench terima akan menjadi tambahan Health berwarna abu-abu yang akan hilang ketika berada di luar pertarungan dan berubah menjadi Health berwarna hijau.

Aktif: Tahm Kench merubah Health abu-abu tersebut menjadi Shield untuk sementara waktu.

R: Abyssal Voyage

Pasif: Damage Tahm Kench meningkat berdasarkan Health maksimum.

Active: Tahm Kench membuka mulutnya, dan menyisakan satu tempat dalam perutnya. Setelah mereka masuk, atau ketika Tahm Kench melakukan Diving, dia akan mulai Channeling, memunculkan sebuat kolam di sekitarnya, dan muncul beberapa detik kemudian di lokasi target. Abyssal Voyage memiliki jarak serangan yang jauh, namun Ability ini juga memiliki waktu penggunaan yang cukup lama.

Support

Bisa dibilang Role utama dari Tahm Kench adalah Support. Dengan kemampuannya yang bisa melindungi ADC dengan baik, dia juga bisa berbahaya bagi ADC musuh. Devour adalah alat yang menjadi andalannya. Jika serangan atau Stun datang, sudah tugas Tahm untuk bisa membantu temannya melarikan diri ke sisi yang aman. Jangan lupakan daya tahan dari Tahm dengan skill pasifnya yang berfungsi untuk memulihkan Health dari Damage yang dia terima. Ketika menyerang, Tahm juga akan bisa bertarung dengan musuh kemudian membawa temannya masuk untuk dan menjadikan sebuah pertarungan 2 lawan 1 yang membuatnya unggul.

Kemampuan tersebut juga sangat berguna ketika Gank. Di samping kemampuannya untuk melindungi teman, dia juga bisa menggunakan trik ini untuk menyembunyikan Jungler hingga akhirnya memunculkan mereka di suatu tempat dengan Abyssal Voyage dan memulai Gank yang tidak bisa diantisipasi oleh musuh.

"Boy the world's one river, and I'm its king. Ain't no place I ain't been. Ain't no place I can't go again."

Solo Lane

Tahm Kench cukup Tanky untuk bisa bermain sabar dan berhadapan dengan Champion Tank lainnya sebagai Solo-laner. Dari sini River King memiliki satu keuntungan yang bisa membuatnya unggul dari Tank musuhnya. Pasif dari Thick Passive akan bisa membantunya bermain spartan maju ke depan mengambil last hit. Di situlah the River King bisa bermain aman dan mengamankan last hit Minon sembari Champion musuh yang terus menyerangnya. Patut diingat bahwa efek pasif Thick Skin inilah yang membuatnya seolah tak tersentuh oleh Damage yang dia terima. Jika Tahm dalam keadaan terjepit, siapkan saja tumpukan Charge dari An Acquired Taste. Dengan itu, dia bisa menelan musuhnya. Bermain strategi ini untuk mengancam akan memakan musuh.

Tapi bagaimana raksasa ini benar-benar bertarung? Kebanyakan early poke dan harass dari Tahm ada pada Tongue Lash. Memancing direct hit pada champion musuh, atau bahkan memberi stun, memberikan Tahm Kench keunggulan dari Tank musuhnya. Tapi ketika dia sudah memberikan 3 stack An Acquired Taste pada sasarannya, dia bisa melakukan beberapa hal selain memberikan stun. Devour adalah ability serbabisa yang memberikan Tahm Kench banyak pilihan, bahkan ketika early game. Dia bisa menelan lawannya saat lawannya push tower, dan dengan timing yang tepat, melontarkannya ke tower Tahm Kench setelah minion musuh habis. Atau, Tahm Kench bisa menelan lawannya ketika jungler lawan datang untuk meng-gank. Korbannya tidak akan bisa melihat apa-apa karena vision yang dibatasi selama di perut Tahm Kench, dan ketika mereka terlontar keluar mereka akan kesulitan melakukan apa-apa kecuali.... yah, mati.

"This hunger’s a burden, but it’s the last time, I swear. So please, forgive."

Skirmishing

Meskipun baru level 6, Tahm Kench bisa mulai berkeliaran di Map. Dengan menggunakan Abyssal Voyage untuk mengincar musuh yang tak terkawal . Memang tidak semudah itu bagi Tahm untuk bertarung satu lawan satu dengan musuh, melainkan dengan Abyssal Voyage dan mengundang temannya datang menemaninya menghabisi musuh malang tersebut. Selain itu, skenario lainnya adalah dengan memindahkan ADC ke tempat di mana akan terjadi Gank untuk bisa membuat pertarungan unggul di pihak teman.

Taktik ini juga efektif untuk objektif netral. Dengan mengulti junglernya sendiri, Tahm Kench bisa dengan cepat berpindah ke baron atau dragon untuk mengganggu atau mencuri dari tim musuh. Setelah sampai, peran River King adalah untuk mengganggu musuhnya dengan Tongue Lash dan bersiap menggunakan Devour pada temannya ketika junglernya sekarat. Thick Skin memainkan peran penting di sini, melindungi Tahm Kench dari serangan ketika dia menarik perhatian tim musuh. Saat waktunya tiba, yang harus dia lakukan cuma menggunakan Devour pada jungler lawan dan kabur dari objektif - meskipun secara teori dia tetap bisa menggunakan smite saat di dalam perut Tahm Kench, junglers tidak bisa smite sesuatu yang tidak kelihatan.

Teamfight

Dalam pertarungan, Tahm Kench sungguh akan menghadirkan sebuah dimensi berbeda baik pada musuh maupun pada teman. Selalu terdapat pertanyaan yang memperkirakan siapa yang akan dia “makan”? Jungler atau ADC? Teman atau musuh? Sampai akhirnya kalian tidak berkonsenterasi dan menyadari bahwa tim kalian sudah lenyap dengan Tahm Kench sebagi peran utamanya.

Kuncinya adalah dengan penempatan posisi yang sempurna. Manfaatkan ketahanan Tahm untuk menerima semua serangan sambil terus melakukan Harras dengan Q (jika memungkinkan pada ADC musuh). Sampai ketika Charge An Acquired Taste telah terpenuhi, bersiaplah untuk “makan siang”. Telan ADC musuh untuk mendiamkannya, atau coba posisikan ADC teman ke tempat yang aman sambil tetap bisa menyerang musuh.

Di samping itu, untuk memulai pertarungan, Tahm Kench juga bisa menggunakan Q miliknya atau bahkan langsung membuat Tank temannya berpindah gerombolan musuh sebagai pemecah konsenterasi. Dari sinilah teman Tahm bisa langsung masuk menusuk ke celah tersebut. Memang serba salah. Jadi siapa yang harus terlebih dahulu diincar? Tahm Kench terlebih dahulu kah?

Synergy

Kerjasama baik dengan:

Swain - the Master Tactician

Cara Swain membuka pertarungan merupakan kunci bagaimana Swain dan juga Tahm Kench bekerja sama. The Master Tactician yang satu ini sangat berbahaya jika sudah bisa membuka pertarungan dan mengincar salah satu musuhnya, tapi di situlah kekurangannya. Di sini Tahm Kench hadir dan bisa membantu Swain masuk ke dalam gerombolan musuh dan sesaat kemudian mayat musuhpun terbaring di atas tanah Summoner’s Rift.


Kog'Maw - the Mouth of the Abyss

Tahm Kench juga bisa menjadi pasangan mematikan dari Kog’Maw. Dengan taktik “Protect The Kog”, Tahm bisa menjadi pelindung Kog’Maw di dalam pertarungan dan melemparnya ke tempat yang aman dari serangan musuh yang mengincarnya. Baru setelah itu lah dia bisa menyerang musuhnya tanpa ada balasan.


Sejuani - the Winter's Wrath

Konsep kerjasama Sejuani dan Tahm Kench juga sejenis dengan kerjasama bersama Kog’Maw. Dengan Ultinya, Sejuani bisa menjadi inisiator pertarungan yang merubah hasil pertandingan. Duo Tank dengan inisiator baik. Bayangkan bagaimana ADC bisa menikmati musuh yang hanya diam tak melawan.

Kesulitan melawan:

Vayne - the Night Hunter

Memang bisa dibilang bahwa Support Tahm adalah pilihan yang tepat untuk mengunci ADC musuh. Tapi di sini, Vayne bagaikan belut yang sulit ditangkap. Lebih buruknya lagi, Vayne bisa saja melempar Tahm ke belakang jika sudah kehabisan ide. Jika semuanya sudah tinggal masalah Cooldown, Tahm lah yang akan kalah karena tidak bisa membalas Damage yang dihasilkan Vayne.


Janna - the Storm's Fury

Setelah melihat kombinasi dengan Kog’Maw dan juga Sejuani, Janna datang dengan tornadonya yang bisa membubarkan semua musuh yang datang mendekat. Namun bukan hanya itu, dengan Ultinya, Janna bisa melempar mereka semua keluar pertarungan. Selain memulihkan Health temannya, tak ada yang bisa melawan proteksi Janna. Jangan lupakan tambahan Movement Speed yang bisa membuat musuh jauh meninggalkan Tahm Kench dan juga temannya.


Gnar - the Missing Link

Tahm Kench yang bisa bermain solo akan sulit dengan Gnar yang menjadi lawannya. Dalam bentuk mini, Gnar memiliki jangkauan Damage yang tidak bisa Tahm balas. Sedangkan dalam Bentuk Mega, Tahm juga tidak cukup Tanky untuk melawannya. Mungkin bisa menahan, tapi tak bisa membalas. Sepertinya perut Tahm tidak cukup untuk menelan Mega Gnar!